Cara Membuka / Mengekstrak File Rar dan Zip Menggunakan Smartphone Android

foto cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi

Halo sobat pembaca yang sedang ingin tau tentang cara membuka atau mengekstrak file rar dan Zip pada smartphone Android. Bagi yang baru saja mengenal jenis file yang satu ini, pasti sangat bingung sekali rasanya dan bertanya-tanya bagaimana cara membuka file rar dan Zip ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada banyak sekali inovasi-inovasi canggih yang sangat dibutuhkan untuk menjalani kehidupan modern seperti saat ini. Salah satunya adalah file berekstensi Zip dan rar yang termasuk file arsip.

Sebenarnya file rar dan Zip bukanlah hal yang baru, tapi masih banyak juga yang belum kenal lebih dekat dengan file archive ini meskipun belakangan ini banyak sekali file rar dan Zip yang bisa didapatkan di Internet.

Selain berisi file-file dokumen seperti pdf, doc dan lain sebagainya, file Zip dan rar kini banyak digunakan untuk membungkus game, terutama game dan data game yang berukuran besar. Contohnya seperti game PSP yang ukurannya besar banget.

Selain memudahkan untuk mengemas banyak file dalam satu arsip. File Zip dan rar dikenal bisa mengkompresi file dengan sangat tinggi. Tak heran game PSP yang ukurannya besar bisa menyusut ukurannya menjadi lebih kecil karena dikompres menjadi file rar dan Zip.

Akan tetapi file rar dan Zip tidak bisa dibuka langsung karena kebanyakan perangkat yang kita gunakan tidak mendukung jenis file ini. Supaya bisa terbuka, kita perlu mengekstrak file rar dan Zip terlebih dahulu.

Untuk mengekstrak file rar dan Zip kita perlu menggunakan PC, tapi itu dulu. Sekarang kita bisa mengekstrak file rar dan Zip hanya dengan menggunakan smartphone Android yang kini jadi smartphone nomor satu di dunia dengan jutaan penggunanya.

Cara Membuka atau Mengekstrak File Rar dan Zip

Nah buat sobat pembaca yang sedang ingin membuka atau mengekstrak file Zip dan rar menggunakan smartphone android tapi tidak tahu langkah-langkahnya. Saya akan memberikan panduan nya lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan untuk membuka file rar dan Zip ini.

Peralatan

  • Aplikasi X-plore, silahkan menginstalnya dari playstore
  • Smartphone Android, pastikan kepunyaan sendiri bukan hasil jambret punya orang.
  • Pastikan baterainya cukup.

Langkah-langkah

1. Silahkan install aplikasi X-plore lalu buka aplikasi tersebut.

foto cara menggunakan rar for android

2. Setelah itu kamu akan disuguhi tampilan depan x-plore seperti di screenshot ini.

3. Silahkan cari file Zip atau rar yang akan kamu ekstrak.

foto cara menggunakan file Zip android

4. Setelah ketemu silahkan tap pada file tersebut dan tandai file-file yang ada didalamnya.

foto cara extract file zip di android tanpa root

5. Silahkan tap tanda arah biru yang akan mengantarkan kamu ke tab sebelah kanan. Pilih tempat yang nantinya akan kamu gunakan untuk menyimpan file hasil ekstrakan. Contoh SD card

foto cara buka Zip dan rar di android

6. Kembali ke tap sebelah kiri dan tap lalu tahan lama pada file yang sudah ditandai. Kemudian akan muncul pilihan seperti diatas, silahkan pilih salin / pindahkan.

7. Silahkan buka tap sebelah kanan, maka muncullah file hasil ektrakan tadi.

8. Selesai.

Akhir Kata

Memang sangat mudah sekali untuk membuka atau mengekstrak file Zip dan rar menggunakan smartphone Android. Cara ini bisa digunakan pada semua smartphone Android. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuka / Mengekstrak File Rar dan Zip Menggunakan Smartphone Android"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, Dilarang Spam ya